web lelang jual beli uang kuno koleksi numismatik filateli perangko prangko indonesia

kintamoney.com
1,485,605 items 19,885 active items kintamoney.com on facebook kintamoney.com on twitter
switch to English  log in (lupa password?) atau  daftar sekarang!
Ketentuan Umum

Halaman ini memuat beberapa ketentuan umum yang wajib untuk diikuti oleh semua anggota.


Pendaftaran / registrasi

Untuk melakukan transaksi jual-beli di www.kintamoney.com, Anda terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran. Cara untuk melakukan pendaftaran, klik tombol berwarna merah dengan tulisan "daftar sekarang" yang berada di pojok kanan atas halaman ini, atau klik link ini sekarang juga.

Kemudian akan muncul halaman form pendaftaran yang harus diisi dengan lengkap dan benar. Setelah semua kotak sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Register" yang berada di bagian paling bawah dari formulir pendaftaran.

Nama dan alamat yang diisi pada kotak yang tersedia akan digunakan sebagai alamat pengiriman barang, untuk itu isilah dengan nama dan alamat yang lengkap dan benar. Nomor HP wajib diisi karena kami akan melakukan verifikasi ke nomor HP yang Anda isi. Nomor HP juga akan ditambahkan di alamat pengiriman karena digunakan oleh kurir seperti TIKI/JNE/Pos kilat.

Isilah nomor rekening dengan nomor rekening yang Anda gunakan. Isilah juga nama pemilik rekening sesuai dengan yang Anda daftarkan di bank. Informasi nomor rekening dan nama pemiliknya digunakan untuk verifikasi.

Setelah Anda mengklik tombol register, tunggulah konfirmasi dari kami paling lama 2 x 24 jam. Setelah data-data Anda kami verifikasi kebenarannya, Anda akan segera diset untuk bisa melakukan penawaran atau pembelian.

Email berisi password pertama akan dikirim ke alamat email yang Anda isi di formulir pendaftaran. Gunakan username sesuai yang Anda isi di formulir pendaftaran dan password dari email dari Kintamoney.

Setelah Anda login, segera ganti password Anda dengan mengklik tombol "ganti password" yang berada di bagian atas sebelah kanan. Password bersifat case sensitive yang artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan. "Abc" berbeda dengan "ABC".

Kembali ke atas

Pembayaran dan pengiriman barang

Setelah barang terjual, penjual wajib untuk memberikan tagihan berupa total yang harus dibayar pembeli termasuk ongkos kirim sesegera mungkin setelah terjadinya transaksi. Usahakan invoice atau tagihan dikirim dalam tempo 24 jam setelah transaksi atau selambat-lambatnya 4 hari setelah terjadinya transaksi. Alamat kirim, nomor telepon, dan alamat email pembeli dikirimkan lewat email kepada penjual secara otomatis setiap suatu barang terjual, tapi ada baiknya jika penjual juga mengkonfirmasi ulang alamat kirimnya kepada pembeli sewaktu mengirim invoice. Apabila pembeli menghendaki barang agar jangan dikirim dulu atau untuk menggabungkan pengiriman dengan item-item lainnya dari penjual tersebut, maka pembeli harus menginformasikan hal itu kepada penjual terlebih dahulu.

Bila pembeli berasal dari luar Indonesia maka pembayaran wajib dilakukan melalui PayPal. Sewaktu mengirimkan invoice, perlu ditentukan sistim pembayaran Paypal dengan menggunakan Personal Payment, sehingga penjual tidak terkena beban biaya Paypal yang biasanya sebesar 3,5% sampai 4 %. Bahkan ada baiknya sebelum mengirimkan invoice supaya melakukan komunikasi lewat "fasilitas kirim pesan Kintamoney" atau (KM — Kintamoney Message) guna menekankan sistim pembayaran via paypal dengan Personal Payment.

Paket barang yang dikirim dari penjual ke pembeli dalam negeri diharuskan untuk menggunakan jasa pengiriman TIKI atau TIKI JNE atau Pos Indonesia tercatat. Ketiga jasa pengiriman ini dipilih karena memiliki fitur nomor lacak (tracking number), sehingga penjual dan pembeli dapat melacak paket di situs web dari masing-masing perusahaan jasa pengiriman tersebut untuk mengetahui status paket tersebut.

Penjual diharuskan untuk mengirimkan paket selambat-lambatnya 4 hari kerja setelah pembayaran dilakukan. Waktu maksimum 4 hari ini dikenal dengan istilah handling time atau waktu yang dibutuhkan pihak penjual (seller) dari hari diterimanya pembayaran sampai dengan hari barang diserahkan ke jasa pengiriman. Apabila hal ini tidak dipatuhi maka kami akan memberikan catatan terhadap penjual bersangkutan. Penjual dapat dikenakan sanksi dari ringan sampai berat (dikeluarkan dari keanggotaan) tergantung jenis pelanggaran yang dilakukannya. Pengecualian diberikan atas permintaan pembeli untuk menggabungkan pengiriman barang-barang yang dibeli yang diistilahkan dengan "combining shipping". Dengan combining shipping barang dari listing satu ke listing berikutnya akan dikirim sekaligus atas kesepakatan antara penjual dan pembeli. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban ongkos pengiriman sebagai kewajiban dari pembeli.

Pembeli diwajibkan untuk melakukan pembayaran selambat-lambatnya 4 hari kerja setelah masa lelang dari suatu barang berakhir (auction) atau setelah pembeli melakukan pembelian buy now, namun disarankan kepada pembeli untuk melakukan pembayaran sesegera mungkin dan diusahakan dalam waktu 24 jam setelah menerima invoice/tagihan. Bila pembeli menghendaki penggabungan pengiriman dengan item yang akan di beli pada auction berikutnya dari seller yang sama (agar ongkos kirim lebih murah), sewaktu melakukan pembayaran invoice sekaligus diberitahukan ke seller agar menahan barang yang dibeli (dimenangkan) sampai waktu tertentu.

Besarnya ongkos kirim disesuaikan dengan daftar ongkos kirim dari perusahaan jasa pengiriman masing-masing. Karena tarif ongkos kirim dari ketiga perusahaan jasa pengiriman tersebut sangat bervariatif dan untuk memudahkan penjual dalam menetapkan tarif ongkos kirim, penjual diperbolehkan untuk menggunakan "flat rate" dalam negeri dengan maksimum Rp 20.000 per pengiriman di bawah 1 Kg. Angka tersebut dianggap ideal sebagai jalan tengah tarif dalam negeri yang range tarifnya tercatat berkisar antara Rp 11.000 sampai dengan Rp 45.000.

Saat paket terkirim, penjual wajib memberitahukan kepada pembeli bahwa barang sudah terkirim disertai dengan tracking number dan hasil scan dari slip bukti pengiriman apabila diminta pembeli. Penjual juga wajib menandai item tersebut telah terkirim melalui menu "mark as shipped" atau "tandai item terkirim". Selanjutnya penjual wajib memberikan tanggapan (feedback) untuk pembeli. Tanggapan penjual kemudian akan ditambahkan ke total angka feedback pembeli. Total angka feedback pembeli dapat dilihat dari angka dalam tanda kurung di belakang userid pembeli.

Saat paket diterima, pembeli wajib memberitahukan kepada penjual bahwa paket sudah diterima dengan baik. Hal ini dilakukan dengan memilih menu "tandai paket sudah diterima" atau "mark as received" di halaman item yang bersangkutan. Menu ini berada di dalam menu lain-lain. Pembeli kemudian wajib untuk memberikan tanggapan (feedback) kepada penjual. Setiap feedback yang diberikan kepada penjual akan menambah poin penjual yang dapat dilihat dari angka dalam tanda kurung di belakang userid penjual.

Transaksi di www.kintamoney.com sepenuhnya merupakan tanggung jawab antara penjual dan pembeli. Apabila terjadi perselisihan (dispute), usahakan semaksimal mungkin untuk diselesaikan antara penjual dan pembeli. Apabila perselisihan masih belum bisa diselesaikan, pihak kintamoney.com akan bertindak sebagai penengah dan keputusan kintamoney.com adalah mengikat kedua belah pihak dan bersifat final.

Untuk pembayaran invoice / tagihan di atas Rp 50.000.000, buyer wajib melakukan konfirmasi ke admin sebelum melakukan pembayaran.

Kembali ke atas

Barang tidak terbayar

Setelah lelang berakhir dan barang terjual atau buyer melakukan buy now, seller wajib menyerahkan barang sesuai dengan tingkat harga yang terjadi, begitu pula sebaliknya pihak buyer berkewajiban menyelesaikan pembayaran.

Bila buyer belum pernah membeli sebelumnya (anggota baru) maka kami menyarankan kepada seller untuk mengirimkan invoice sesegera mungkin sambil menanyakan apakah masih akan melakukan bid pada item lainnya atau tidak, agar dapat dilakukan pengiriman penggabungan (combine shipping) sehingga buyer cukup membayar ongkos kirim sekali saja. Disamping itu merupakan langkah preventif karena banyak anggota baru yang begitu memenangkan 1 item menunggu invoice dari seller yang tidak kunjung datang, sehingga ada di antara member baru yang lama tidak online lagi dan begitu online sering lupa bahwa sebelumnya ada item yang belum dibayar.

Seller wajib mengirim invoice secepatnya setelah buyer memenangkan lelang atau setelah membeli langsung walaupun hanya 1 item dengan total pembelian berapapun nilainya atau bahkan jika masih di bawah nilai transfer minimum. Seller wajib mengirim invoice segera. Usahakan selambat-lambatnya dalam waktu 2x24 jam. Bila invoice pertama dikirim lebih dari 15 hari terhitung dari tanggal berakhirnya lelang dari item pertama maka admin tidak sepenuhnya bertanggung jawab atas tagihan yang terhambat. Bila invoice dikirim lebih dari 30 hari dari tanggal berakhirnya lelang item pertama, maka transaksi dianggap sudah selesai dan penagihan menjadi tanggung jawab seller sebagai konsekuensi dari terlambatnya pengiriman invoice, dalam hal ini admin hanya bisa menghimbau buyer untuk membayar.

Apabila buyer tidak melakukan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang ada dan telah melewati batas waktu penagihan maka seller mengulangi lagi mengirim invoice tagihan yang disertai dengan copy ketentuan kintamoney.com tentang kewajiban pembayaran dan diberikan waktu paling sedikit 3 x 24 jam dengan disertai ancaman bahwa bila tidak menyelesaikan kewajiban maka seller akan mengadukan / menyerahkan penanganannya kepada management Kintamoney.com. Hal ini sekaligus merupakan peringatan kedua bagi buyer untuk menyelesaikan kewajibannya.

Bila ternyata buyer tetap tidak menanggapi peringatan kedua tersebut, seller wajib memberitahukan tentang buyer tersebut beserta data-data yang lengkap ke admin Kintamoney.com.

Melalui data yang diterima, admin Kintamoney akan menghubungi buyer dan mencari tahu alasan belum dibayarnya item yang dibeli. Apabila dalam waktu 3 x 24 jam tidak juga mendapatkan tanggapan, maka admin akan melakukan pemblokiran sementara disertai dengan catatan akan kewajiban yang harus dilakukan. Pemblokiran sementara tersebut akan diketahui buyer sewaktu akan melakukan bid lagi untuk item yang lain. Informasi alasan pemblokiran yaitu belum dibayarnya item yang sudah dimenangkan akan dilihat buyer sewaktu melakukan bid. Dan apabila pada kurun waktu 7 x 24 jam tidak melakukan pembayaran, maka pemblokiran sementara akan ditingkatkan menjadi pemblokiran selamanya (dikeluarkan dari keanggotaan). Setelah pemblokiran permanen dilakukan terhadap buyer, admin akan menginformasikan ke seller agar item yg tidak terbayar untuk dilisting kembali dan dianggap tidak ada transaksi sehingga tidak akan dikenakan fee terhadap item yang tidak dibayar tersebut.

Untuk semua item yang tidak dibayar, seller tidak akan dikenakan listing fee dan final value fee. Tapi apabila suatu item baru diketahui tidak terbayar setelah item tersebut dikenakan fee dan seller sudah membayarnya, maka fee tersebut akan dikembalikan berupa potongan kepada tagihan periode berikutnya dengan syarat pemberitahuan ke admin tersebut tidak melewati 30 hari dari tanggal transaksi. Apabila pemberitahuan ke admin setelah lewat 30 hari dari tanggal transaksi, fee tidak akan dikembalikan. namun admin tetap memproses sanksi buyer sesuai dengan ketentuan.

Ketentuan sanksi juga berlaku untuk seller yang tidak menyerahkan item / barang yang telah dibayar.

Bagi seller yang mempunyai item yang lama tidak terbayar dan akan mengadukan ke admin maka informasikan no item beserta invoice yang telah dikirim , dan email komunikasi dengan buyer ke admin Kintamoney. Apabila dipastikan item tidak terbayar maka admin akan menandai item tersebut sebagai item tidak terbayar atau retur dan tidak dikenakan fee. Pengembalian fee yang sudah terlanjur dibayar akan dikembalikan dengan mengurangi total tagihan seller pada periode berikutnya.

Kembali ke atas

Listing

Yang dimaksud dengan listing adalah proses mendaftarkan barang untuk dijual baik dengan format lelang maupun dengan harga pasti. Beberapa ketentuan dalam listing antara lain:

  • Barang yang dilisting haruslah barang yang legal untuk diperjualbelikan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan barang-barang yang memenuhi ketentuan/peraturan kintamoney.com.
  • Seller bertanggung jawab sepenuhnya atas barang yang dilisting/dijual. Kintamoney.com sebagai penyelenggara lelang sifatnya hanya sebagai mediator transaksi saja. Segala apapun sebagai akibat dari barang yang dilisting adalah sepenuhnya tanggung jawab seller.
  • Seller wajib menerangkan sejelas-jelasnya terkait item yang dilisting pada halaman diskripsi. Hal-hal yang perlu dijelaskan pada item kategori uang kertas antara lain apakah item sudah melalui proses pencucian, press ,cutting, memiliki foxing (tropis), lubang (pin hole), stepless dll. Hal ini untuk menghindari perselisihan antara penjual dan pembeli setelah terjadinya transaksi.
  • Apabila seller ragu akan keaslian suatu item yang dilisting, disarankan untuk membatalkan melisting barang tersebut. Bila barang tersebut tetap akan dilisting, seller wajib menyertakan keterangan palsu/repro/oldfake/foto sesuai kondisi barang pada judul lot dan menerangkan secara lebih detil pada deskripsi barang.
  • Bila item yang akan dilisting merupakan item palsu atau palsu lama maka seller wajib mencantumkan keterangan palsu atau palsu lama di judul item dan menerangkan secara lebih detil pada deskripsi barang
  • DILARANG untuk melisting uang Indonesia yang repro, foto copy atau replica
  • DILARANG untuk melisting missprint, miscut atau miss-struck uang Indonesia
  • DILARANG untuk melisting uang uka-uka. Yang dimaksud dengan uka-uka adalah uang kertas atau koin Indonesia yang dirubah tahun, gambar dsb
  • DILARANG untuk melisting organ binatang
  • Untuk item yang merupakan titipan sehingga bukan merupakan barang pribadi seller tetap menjadi tanggung jawab seller seperti halnya item dari barang pribadi seller. Apabila barang titipan tersebut diretur sesuai dengan ketentuan tentang tata cara retur barang maka seller wajib memenuhinya. Khusus untuk barang titipan, untuk menghindari adanya perselisihan, seller sebaiknya menghubungi pembeli setelah barang diterima pembeli dan yakin bahwa pembeli tidak masalah dengan kondisi barang tersebut sebelum dana diteruskan kepada pemilik barang.
  • Gambar yang tercantum haruslah sama dengan barang yang akan diterima pembeli. Tidak diperbolehkan untuk melisting barang dengan menyebutkan kuantiti stok yang dimiliki sementara pada listing dijual per lembar. Dengan demikian, tidak diperbolehkan untuk mencantumkan kata-kata, contoh "barang yang diterima bisa memiliki nomor seri berbeda dengan gambar". Pengecualian diberikan kepada barang dengan kualitas UNC. Seller bisa menggunakan fasilitas "duplicate item" pada halaman listing untuk melisting lebih dari 1 lot dengan cukup sekali listing. Untuk listing menggunakan duplicate item barang haruslah UNC dan memiliki kondisi yang sama. Listing menggunakan duplicate items tetap tidak diperkenankan untuk menyebutkan kuantiti stok yang dimiliki.
  • Penjual tidak diperbolehkan untuk mencantumkan alamat baik alamat email, rumah, nomor telepon atau HP dan informasi lainnya pada ruang deskripsi barang yang dilisting yang dapat memungkinkan terjadi komunikasi langsung antara penjual dan pembeli sebelum barang terjual. Pembeli dapat menghubungi penjual melalui fasilitas "kirim pertanyaan ke penjual". Sedangkan alamat dan nomor HP pembeli akan diemailkan ke penjual setelah barang terjual.
  • Harga yang dimasukkan adalah harga untuk keseluruhan lot. Apabila lot Anda terdiri lebih dari satu item barang, maka harga yang dimasukkan adalah harga keseluruhan item (harga lot), bukan harga per item barang.
  • Transaksi jual beli adalah per lot, tidak diperbolehkan untuk membeli sebagian lot saja.
  • Perihal asuransi paket kiriman:
    • Pada setiap deskripsi item, seller wajib menawarkan kepada buyer tentang asuransi paket kiriman dan buyer sepenuhnya mempunyai hak untuk menerima atau menolak asuransi paket kiriman yang dimaksud, tentunya dengan konsekuensi tertentu.
    • Besarnya asuransi paket kiriman menjadi beban buyer yaitu dengan menambahkan ongkos kirim paket.
    • Bila buyer tidak menghendaki asuransi paket kiriman maka seandainya terjadi hilangnya paket diakibatkan oleh jasa pengiriman, maka buyer hanya mendapatkan penggantian sebesar ketentuan dari masing-masing jasa pengiriman paket yang digunakan.
    • Bila terjadi kehilangan paket, maka kewajiban seller untuk mengurus klaim penggantian maupun klaim asuransi dari paket yang hilang.
  • Item yang dilisting di Kintamoney tidak diperbolehkan untuk dilisting atau ditawarkan di luar Kintamoney sebelum periode listing di Kintamoney berakhir. Demikian juga sebaliknya, barang yang dilisting atau ditawarkan di luar Kintamoney DILARANG untuk dilisting di Kintamoney. Hal ini untuk menghindari adanya konflik yang dapat terjadi akibat barang yang sama ditawar atau dibid baik di Kintamoney dan di luar Kintamoney.
  • Seller tidak diperkenankan untuk menambah judul listing dengan kalimat-kalimat yang membingungkan buyer seperti "jangan dibid", "salah listing", "item sold" dan sebagainya. Apabila terjadi kesalahan listing, dan listing ingin dibatalkan maka hubungi admin disertai dengan alasan yang dapat diterima.
  • Apabila seller tidak mengakses Kintamoney.com lebih dari 30 hari, maka Admin berhak untuk membatalkan semua listingnya.
  • Tidak diperbolehkan untuk melisting lot uang hasil rekayasa seperti merubah tahun, gambar dan sejenisnya atau yang dikenal dengan istilah Uka-Uka.

Kembali ke atas

Pembatalan Listing (Listing Cancellation)

Admin berhak sepenuhnya untuk membatalkan listing dari suatu item (lot) dengan pertimbangan:

  • Lot dianggap tidak diperbolehkan untuk dilisting.
  • Judul atau diskripsi item cenderung menyesatkan.
  • Terdapat kesalahan listing.
  • Lot dianggap perlu direvisi.
  • Pertimbangan lainya menurut penilaian admin.

Kembali ke atas

Kebijakan pengembalian barang

Pembeli berhak untuk mengembalikan barang yang dibeli apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi pada listing. Untuk ini ongkos kirim ditanggung oleh pembeli. Apabila ketidaksesuaian dengan deskripsi karena kesalahan seller seperti seller salah mengirim barang atau kondisi barang berbeda jauh dengan deskripsi, maka ongkos kirim ditanggung oleh penjual. Barang yang diretur atau yang tidak dibayar oleh pembeli (unpaid item) tidak dikenakan final value fee. Apabila pada tagihan seller fee berikutnya terdapat final value fee untuk item yang diretur atau tidak dibayar tersebut, hal tersebut dikarenakan keterlambatan informasi retur dari seller kepada admin Kintamoney sehingga tagihan yang sudah dibuat tidak dapat diubah lagi. Untuk ini maka pengurangan final value fee akan dihitung pada tagihan seller fee berikutnya.

Barang yang diretur oleh pembeli atau dianggap diretur karena tidak dibayar oleh pembeli (unpaid item) tidak dikenakan final value fee. Apabila pengurangan final value fee item yang diretur tersebut belum dikurangi pada tagihan seller fee karena tagihan seller fee diproses lebih dulu dibandingkan retur maka pengurangan final value fee dari item yang diretur tersebut akan dikurangi pada tagihan seller fee berikutnya.

Gunakan fasilitas kirim pesan Kintamoney atau Kintamoney Message (KM) untuk menanyakan lebih detail ke seller perihal kondisi dari barang yang diinginkan. Untuk menghindari adanya perselisihan-paham yang dikarenakan perbedaan grading, buyer disarankan untuk menanyakan kondisi barang lebih detail kepada seller melalui fasilitas kirim pesan Kintamoney (KM — Kintamoney Message) sebelum melakukan bid (penawaran). Untuk cara menghubungi seller, baca halaman bantuan ini.

Pengembalian barang dengan alasan barang yang diterima ternyata palsu dan keterangan palsu tidak dicantumkan di judul dan deskripsi maka pengembalian barang dapat diinformasikan atau dilakukan sampai dengan 30 hari setelah barang diterima. Pengembalian barang dengan alasan lainnya harus diinformasikan paling lambat 3 hari kerja setelah barang diterima.

Kembali ke atas

Asuransi paket kiriman

Pada setiap deskripsi item, seller wajib menawarkan kepada buyer tentang asuransi paket kiriman dan buyer sepenuhnya mempunyai hak untuk menerima atau menolak asuransi paket kiriman yang dimaksud, tentunya dengan konsekuensi tertentu.

Besarnya asuransi paket kiriman menjadi beban buyer yaitu dengan menambahkan ongkos kirim paket.

Bila buyer tidak menghendaki asuransi paket kiriman maka seandainya terjadi hilangnya paket diakibatkan oleh jasa pengiriman, maka buyer hanya mendapatkan penggantian sebesar ketentuan dari masing-masing jasa pengiriman paket yang digunakan.

Bila terjadi kehilangan paket, maka kewajiban seller untuk mengurus klaim penggantian maupun klaim asuransi dari paket yang hilang.

Kembali ke atas

Fasilitas kirim pesan Kintamoney — Kintamoney Message (KM)

Fasilitas mengirim pesan yang terdapat di setiap item yang disebut Kintamoney Message atau kirim berita atau kita singkat dengan "KM" hanya dapat digunakan pembeli untuk menanyakan perihal item yang dilisting di Kintamoney. Hal yang sama juga berlaku kepada penjual. Pertanyaan yang dapat diajukan atau dijawab hanya terbatas kepada item-item yang dilisting di Kintamoney seperti pertanyaan tentang deskripsi, ongkos kirim, metode pembayaran, jasa pengiriman yang dipakai dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan listing tersebut.

Setiap anggota yang menggunakan fasilitas kirim pesan Kintamoney baik penjual atau pembeli DILARANG untuk menginformasikan atau menanyakan hal-hal seperti alamat email, nomor telepon, alamat rumah dsb.

DILARANG keras bernegosiasi (melakukan tawar-menawar) apapun dengan menggunakan fasilitas kirim pesan Kintamoney terlebih membicarakan item di luar Kintamoney.com. Hal tersebut merupakan pelanggaran keras. Bila terjadi akan kami berikan sanksi, dari sanksi pemblokiran selama 3 bulan sampai dengan penghentian sebagai anggota Kintamoney.com. Sanksi akan diberikan untuk pelanggaran ketentuan ini.

Transaksi di luar Kintamoney diperbolehkan dengan syarat dalam melakukan komunikasi tidak menggunakan fasilitas kirim pesan Kintamoney.

Fasilitas untuk mengirim pesan dapat diakses di setiap halaman item dengan mengklik tombol "kirim pertanyaan ke penjual". Pesan yang masuk akan diinformasikan sebagai gambar amplop berwarna merah yang berkedip pada bagian atas halaman daftar item. Klik gambar amplop untuk membuka pesan yang diterima. Untuk melihat pesan yang masuk juga dapat diakses dengan mengklik submenu "View Message" di bawah menu "Account".

Kintamoney memonitor semua lalu-lintas komunikasi menggunakan fasilitas kirim pesan Kintamoney.

Kembali ke atas

Shoutbox

  • Shoutbox dapat digunakan sebagai sarana komunikasi antar anggota untuk saling membagi pengetahuan tentang numismatik; prangko; dokumen dan kategori lainnya yang dilisting di Kintamoney.com.
  • Shoutbox dapat digunakan sebagai sarana komunikasi antar anggota untuk memperlancar jalannya transaksi, misalnya untuk menginformasikan tentang barang telah dikirim dengan nomor resi tertentu, informasi akan melisting barang, dan informasi lainnya yang berhubungan dengan aktivitasnya di Kintamoney.com.
  • Shoutbox dapat digunakan sebagai sarana bersosialisasi tetapi tetap dalam batas norma sosial dan ketentuan Kintamoney.com.
  • DILARANG keras menggunakan shoutbox untuk menginformasikan atau menanyakan tentang barang di luar Kintamoney.com yang mengarah pada ajakan transaksi di luar Kintamoney.com.
  • DILARANG mencantumkan pada pesan di shoutbox hal-hal seperti alamat email, alamat rumah, nomor telepon, serta link-link yang menuju ke web di luar Kintamoney.com.

Kembali ke atas

Persyaratan untuk menjadi seller

Untuk dapat menjual di Kintamoney.com Anda perlu diset sebagai seller terlebih dahulu. Sebagai seller tentunya harus mengenal semua menu & peraturan Kintamoney karena kami sangat memperhatikan mutu pelayanan sehingga menjadi seller harus benar-benar siap. Bila sebagai seller tidak mengenal menu-menu Kintamoney dan peraturan yang ada, maka besar kemungkinan akan tidak bisa memberikan pelayanan secara optimal

Adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan feedback minimal 100 dari minimal 5 seller yang berbeda. Feedback adalah nilai yang didapat dari membeli setiap barang (lot) bagi buyer dan bagi seller. Feedback adalah nilai dari setiap membeli 1 lot. Dengan demikian Anda diharuskan untuk melakukan pembelian minimal 100 barang (100 lot), dengan demikian setelah Anda menyelesaikan pembayarannya maka seller akan memberikan feedback dengan total minimal 100 feedback dari 5 seller berbeda. Hal tersebut bisa didapat hanya dalam hitungan hari. Barang yang dibeli nantinyapun bisa dijual kembali. Dengan demikian Anda juga dilatih untuk mengenal semua menu yang ada, karena dalam perjalanannya akan banyak pertanyaan dari buyer kepada seller.
  2. Kirimkan permohonan Anda dengan menyertakan scan KTP serta nomor telepon rumah (fixed line) ke Admin Kintamoney di alamat email customercare@kintamoney.com atau kintamoney99@yahoo.com. Nomor telepon rumah tidak akan dipublikasikan.
  3. Harus memiliki rekening di bank BCA karena 98% pembeli menggunakan rekening BCA. Lebih baik lagi bila memiliki rekening di BCA dan Bank Mandiri.
  4. Memiliki kondite atau "track record" yang bagus sejak mendaftar menjadi member dengan tidak pernah mendapat peringatan dari admin ataupun keluhan dari penjual terutama mengenai kedisiplinan pembayaran tagihan/invoice.

Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, Anda akan diset sebagai seller dalam waktu 1-2 hari.

Tambahan informasi: tidak ada biaya untuk mendaftarkan barang untuk dilelang atau dijual (listing) alias bebas listing fee. Tetapi apabila barang terjual maka kami kenakan fee 4% dari harga jual untuk model lelang dan 4% untuk model buy now. Bila telah mendapatkan 1000 feedback dari hasil penjualan barang yang kena fee maka kami berikan discount 25% untuk fee-nya sehingga total menjadi hanya 3%. Ya betul 3% merupakan fee yang sangat-sangat kecil sekali, bayangkan fee yang hanya Rp 3 dari setiap barang yang terjual seharga Rp 100.

Kembali ke atas

Jenis seller

Seller secara garis besar dibagi atas 2 yaitu:

  • Seller biasa yaitu seller yang namanya tidak berada di deretan superseller. Seller biasa umumnya tidak melisting secara rutin. Seller biasa juga tidak memiliki target listing yang ditetapkan oleh Kintamoney.com.
  • Super Seller yaitu seller yang namanya tercantum di deretan superseller. Deretan superseller merupakan link yang muncul di bagian atas setiap halaman. Link-link atau bookmark superseller ini apabila diklik langsung menuju kepada daftar listing dari superseller yang diklik. Kintamoney.com membebankan biaya kepada Super Seller sebesar Rp 100.000 per bulan.

Top Seller adalah jenis kepangkatan seller menurut jumlah feedback yang telah didapatkannya dari hasil penjualan item yang dikenakan fee seperti item-item kategori numismatik. Icon berupa bintang akan ditempelkan di belakang nama seller. Seorang seller masuk ke dalam kategori Top Seller bila telah mencapai minimal 1.000 feedback dari hasil penjualan item kena fee. Seller pada kategori Top Seller berhak mendapatkan discount 25% dari final value fee, sehingga final value fee sebesar 4% dari hasil lelang akan menjadi 3% saja. Bila 1.000 feedback didapat sebelum tanggal 15 pada bulan berjalan, maka discount akan diperhitungkan pada tagihan fee bulan tersebut. Jika pencapaian 1.000 feedback terjadi pada minggu terakhir, maka discount akan diperhitungkan mulai periode berikutnya.

  • Top Seller harus minimal memiliki lebih dari 1.000 feedback. Seller yang mencapai 1.000 feedback akan mendapatkan bintang kuning sedangkan seller yang mencapai 2.000 feedback akan mendapatkan dua bintang kuning.
  • Top Seller Perunggu (Bronze) yaitu seller yang mencapai 3.000 feedback dan ditandai dengan satu bintang merah, sedangkan seller dengan pencapaian 6.000 feedback akan mendapatkan dua bintang merah.
  • Top Seller Perak (Silver) yaitu seller yang mencapai 12.000 feedback dan ditandai dengan satu bintang biru, sedangkan seller dengan pencapaian 24.000 feedback akan mendapatkan 2 bintang biru.
  • Top Seller Emas (Gold) yaitu seller yang memiliki 48.000 feedback dan mendapatkan satu bintang ungu, sedangkan seller dengan pencapaian 96.000 feedback akan mendapatkan 2 bintang ungu.
  • Top Seller Platina (Platinum) yaitu seller yang memiliki 192.000 feedback dan mendapatkan satu bintang meteor (bintang kuning diikuti dengan bintang lainnya), sedangkan seller dengan feedback 384.000 atau lebih mendapatkan 2 bintang meteor.

Seller yang memperoleh lebih dari 1.000 feedback tapi jumlah feedback dari penjualan item yang dikenakan fee seperti item numismatik belum mencapai 1.000 akan mendapatkan tanda matahari. Seiring dengan perjalanan waktu bila di kemudian hari mencapai minimal 1.000 feedback dari hasil penjualannya, maka tanda matahari akan diganti dengan tanda bintang kuning.

Kembali ke atas

3 karakter seller

Kami admin selalu menyarankan semua seller untuk mengirim invoice segera setelah buyer memenangkan walaupun 1 item, sambil menanyakan apakah item yang dimenangkan/dibeli akan dihold (ditahan sementara). Tapi pada dasarnya terdapat 3 jenis karakter seller:

  1. Ada seller yang mengirim segera tagihan walaupun buyer baru memenangi 1 item dengan memberikan informasi bila masih ada bid item lainnya maka seller tersebut hanya perlu informasi dari Anda (buyer). Dengan cara ini terkadang beberapa buyer komplain karena baru memenangi 1 item sudah dikirim invoice
  2. Kemudian ada juga seller yang belum mengirim tagihan kalau buyer baru memenangi 1 item dengan asumsi bahwa buyer masih akan bid item lainnya, sehingga bisa dilakukan pengiriman gabungan untuk mengirit ongkos kirim
  3. Terakhir adalah seller yang akan mengirim invoice bila sudah diminta, dengan asumsi bahwa buyer sudah cukup bidnya dan memerlukan invoice untuk melakukan pembayaran

Kepada buyer disarankan bila Anda menghendaki tagihan untuk segera dikirim, hubungi saja seller tersebut dengan cara: klik salah satu judul item dari seller tersebut, kemudian klik tombol "kirim pertanyaan ke penjual". Jika Anda masih ada bid item lainnya dan menghendaki barang dikirim sekaligus untuk mengirit ongkos kirim maka info ke seller dan informasikan bahwa Anda masih ada bid item lainnya dan minta seller untuk hold item yang sudah dimenangkan/dibeli, dengan demikian Anda memiliki waktu 7-10 hari (atau berapa hari sesuai kesepakatan dengan seller) untuk menyelesaikan pembayaran sambil menunggu siapa tahu masih ada item lainnya yang dimenangkan.

Kembali ke atas

Final value fee

Web lelang www.kintamoney.com membebankan biaya penutupan (final value fee) kepada penjual (seller) hanya untuk setiap item barang yang terjual, yaitu sebesar 4%. Untuk barang yang tidak terjual tidak dikenakan biaya final value fee. Pembeli sama sekali tidak dibebankan biaya apapun.

Seller yang memperoleh lebih dari 1000 feedback dari hasil menjual 1000 lot berhak mendapat discount 25%. Jika seller mencapai 1000 feedback yang berasal dari penjualan 1000 lot maka seller akan mendapatkan tanda bintang. Jika seller mencapai 1000 feedback tapi penjualan belum mencapai 1000 maka seller akan mendapatkan tanda matahari. Feedback adalah nilai yang didapat atas penjualan atau pembelian barang setiap lot (satuan listing). Feedback (umpan balik) seller didapat dari buyer begitu juga sebaliknya feedback buyer diperoleh dari seller. Untuk seller yang mencapai 1000 feedback setelah tanggal 15 maka discount akan diberikan pada tagihan bulan berikutnya.

Kembali ke atas

Feedback atau Umpan Balik / Tanggapan

Setelah transaksi suatu barang selesai dilakukan, penjual dan pembeli wajib untuk saling memberikan feedback (tanggapan) pada setiap barang yang ditransaksikan. Bila anggota tidak memberikan feedback dalam kurun waktu tertentu maka anggota yang bersangkutan tidak dapat melakukan aktifitas (seperi melakukan bid dan listing) sampai anggota tersebut menyelesaikan pemberian feedback yang diwajibkan

Total angka feedback akan muncul di belakang nama dan menunjukkan berapa banyak transaksi yang sudah dilakukan user tersebut.

Cara memberi feedback adalah sebagai berikut: klik username Anda yang berada di pojok kanan atas. Setelah terbuka jendela baru, klik daftar invoice. Untuk buyer, gantilah pilihan "sebagai penjual" menjadi "sebagai pembeli". Kemudian klik tombol "Cari". Setelah itu akan muncul daftar invoice. Pada kolom di samping kolom total, terdapat link "Beri feedback" apabila invoice tersebut belum diberi feedback. Klik link tersebut untuk membuka window pemberian feedback. Kliklah pada bulatan tanda "positif", selanjutnya isi kolom untuk memberikan komentar terhadap penjual item yang Anda beli. Bagi buyer akan muncul 4 kriteria penilaian bagi seller. Klik jumlah bintang pada setiap kategori penilaian, nilai paling tinggi ditandai dengan bintang lima (bintang paling kanan).

Cara lainnya untuk membuka halaman pemberian feedback yaitu dengan melalui sitemap, kemudian klik menu daftar invoice.

Kembali ke atas

Shill Bidding

Shill Bidding adalah suatu tindakan dengan melakukan penawaran (bid) terhadap barang yang dilelang dengan maksud untuk meningkatkan harga barang demi keuntungan sepihak. Shill bidding ini umumnya dilakukan oleh orang yang dekat dengan si penjual barang seperti kawan atau teman kerja dan anggota keluarganya atau bahkan si penjual itu sendiri. Hal ini kami anggap sebagai tindakan yang melanggar aturan main lelang dan tindakan tidak "fair". Apabila terjadi tindakan shill bidding, maka kami akan memberikan sanksi keras seperti menghapus barang yang dilelang, memberikan larangan tidak boleh menjual atau membeli dalam kurun waktu tertentu sampai dengan mencopot keanggotaan untuk masa waktu yang tidak ditentukan.

Semua aktivitas bid atau penawaran selalu dimonitor Kintamoney.com.

Kembali ke atas

Duplicate Listing

Fasilitas Duplicate Listing atau Duplicate Item adalah sebuah option ketika waktu melakukan listing. Dengan mengaktifkan option ini maka seller dapat melisting lebih dari satu lot dengan maksimum 20 lot item yang sama dalam sekali listing. Upload gambar juga cukup dilakukan sekali dan secara otomatis gambar tersebut akan muncul di semua lot dari hasil Duplicate Listing. Salah satu yang dianggap beban oleh seller ketika akan melisting item yang relatif murah dalam jumlah banyak adalah scan yang harus dilakukan satu per satu. Option Duplicate Listing ini dirancang untuk mengatasi masalah tersebut. Namun option Duplicate Listing ini memiliki beberapa persyaratan yang harus diikuti yaitu:

  1. Item haruslah memiliki harga pasar maksimum Rp 5.000
  2. Gambar tetap harus menampilkan sisi muka dan belakang yang memiliki nomor seri.
  3. Kondisi barang harus UNC.
  4. Menyebutkan nomor seri-nomor seri dari semua lot yang dilisting, misalnya ZE0001-ZE0100 di judul dan deskripsi.
  5. Semua lot item haruslah memiliki jenis dan kondisi yang sama.

Dengan fasilitas ini diharapkan akan dapat sedikit meringankan beban seller untuk menscan item dengan tidak mengabaikan kebutuhan buyer untuk mendapatkan item sesuai dengan deskripsi.

Kembali ke atas

Waktu

Waktu standar yang dipakai di Kintamoney apabila tidak dijelaskan secara explicit adalah menurut Waktu Indonesia Barat (WIB) (UTC+7).

Kembali ke atas

Tentang kintamoney.com

Hubungi kami

Site map

FAQ

Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dengan menggunakan web ini berarti Anda telah menerima User Agreement dan Privacy Policy dari Kintamoney.com