web lelang jual beli uang kuno koleksi numismatik filateli perangko prangko indonesia

kintamoney.com
1,131,202 items 20,329 active items kintamoney.com on facebook kintamoney.com on twitter
switch to English  log in (lupa password?) atau  daftar sekarang!
Memberi Feedback

Feedback atau tanggapan adalah metode penilaian penjual (seller) dan pembeli (buyer) di kintamoney.com; Dengan adanya feedback, dapat diketahui seberapa bagus reputasi seorang penjual atau seorang pembeli. Secara umum semakin tinggi angka feedback, semakin bagus reputasi si penjual atau pembeli tersebut. Feedback diberikan untuk setiap item dan hanya bisa diberikan ketika item tersebut terjual. Memberikan feedback merupakan suatu keharusan. Feedback harus diberikan oleh pembeli kepada penjual sesegera mungkin setelah barang diterima. Sebaliknya feedback harus diberikan oleh penjual kepada pembeli sesegera mungkin setelah pembayaran diterima. Keterlambatan dalam pemberian feedback dapat mengakibatkan user diblok dari kegiatan melakukan bidding ataupun melakukan listing.


Gambar 1.

Jumlah feedback seseorang dapat dilihat dari angka dalam tanda kurung di belakang user ID seperti ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar 1 di atas.

Gambar 2.

Jumlah feedback juga dapat dilihat di dalam tanda kurung di belakang user ID dari seller masing-masing item seperti pada gambar 2 di atas.

Feedback hanya dapat diberikan ketika transaksi sudah terjadi dalam arti item sudah berakhir dan terjual. Ada 2 cara untuk memberi feedback:

Prinsipnya sama, perbedaannya terletak pada kalau memberi feedback melalui invoice hanya dilakukan sekali tapi feedback diberikan kepada seluruh item di invoice tersebut, sedangkan kalau memberi feedback per lot satu per satu, pemberian feedback perlu dilakukan item per item.



Memberi feedback melalui invoice

Cara yang paling mudah untuk memberikan feedback adalah melalui invoice. Dengan cara ini Anda dapat memberikan feedback sekali untuk semua item dari satu invoice sekaligus. Click user ID Anda yang berada di pojok kanan atas seperti ditunjukkan pada gambar 3 di bawah ini.

Gambar 3.

Setelah itu klik menu "Daftar invoice" seperti pada gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4.

Setelah itu daftar invoice akan muncul dengan default yang muncul hanyalah invoice yang belum dibayar saja. Apabila Anda adalah penjual maka secara otomatis invoice yang muncul adalah invoice dengan Anda sebagai penjual dengan kata lain invoice yang muncul adalah invoice yang Anda kirimkan ke pembeli-pembeli Anda. Apabila Anda bukan penjual maka secara otomatis invoice yang muncul adalah invoice dari penjual Anda. Perhatikan kolom di sebelah kanan "Grand total" yang berisi link "Beri feedback". Apabila Anda belum memberikan feedback untuk invoice ini maka link "Beri feedback" akan muncul. Apabila Anda sudah memberikan feedback untuk invoice ini maka link ini tidak muncul lagi.

Gambar 5.

Klik link "Beri feedback" di invoice yang ingin Anda berikan feedbacknya. Setelah itu akan muncul seperti pada gambar 6 di bawah ini. Pada angka "1" pada gambar ada 3 pilihan yaitu:

  1. Positif - pilihan ini akan memberikan feedback positif untuk invoice ini
  2. Netral - pilihan ini akan memberikan feedback netral untuk invoice ini
  3. Saya akan memberi penilaian untuk invoice ini nanti - pilihan ini akan membatalkan pemberian feedback


  4. Gambar 6.

    Kemudian Anda perlu memberikan sedikit keterangan pada kotak "Jelaskan kepada kami" seperti yang ditunjukkan pada angka "2". Setelah itu ada 4 kategori Akurasi, Komunikasi, Kecepatan handling dan ongkos kirim. Masing-masing kategori berupa pilihan 1 bintang sampai 5 bintang. Anda perlu memberikan pilihan dari 1 bintang sampai 5 bintang untuk 4 kategori ini. Kemudian ada kotak yang sudah dicontreng secara otomatis yaitu "Tandai juga item sudah dibayar" dan "Tandai juga item sudah diterima". Apabila kotak ini dicontreng ketika Anda memberikan feedback maka secara otomatis juga menandai invoice ini sudah dibayar dan sudah diterima sesuai dengan kotak yang diberi tanda contreng. Setelah itu klik tombol Beri penilaian. Setelah feedback diberikan akan muncul pesan "Penilaian sudah diberikan".

    Memberi feedback per lot satu per satu

    Selain melalui invoice, feedback juga dapat diberikan satu per satu per lot. Pembeli dan penjual akan mendapatkan notifikasi atau reminder di bagian atas halaman daftar item seperti pada gambar 7 di bawah ini. Reminder ini hanya muncul apabila ada feedback yang perlu diberikan. Reminder tidak muncul jika tidak ada feedback yang perlu diberikan.

    Gambar 7.

    Pada gambar di atas, angka "15" dan "1" sebagai contoh itu dapat diklik menuju ke halaman masing-masing activity: "sebagai penjual: item yang belum diberi nilai" dan "sebagai pembeli: item yang belum diberi nilai". Setelah berada di halaman daftar item yang belum diberi nilai, klik item yang ingin diberi nilai. Setelah halaman item muncul, klik tombol "beri penilaian/feedback" seperti pada gambar 8 di bawah ini:



    Gambar 8.

    Setelah tombol beri penilaian diklik akan muncul halaman untuk pemberian feedback. Untuk halaman pemberian feedback bagi pembeli akan muncul seperti gambar 9 di bawah ini:



    Gambar 9.

    Pada halaman pemberian feedback untuk pembeli. Penjual hanya tinggal mengetikkan komentar singkat yang mencerminkan prestasi si pembeli apakah bagus atau tidak. Kemudian setelah itu klik tombol "beri tanggapan". Setelah feedback diberikan, maka 1 angka feedback akan ditambahkan ke pembeli. Untuk pemberian feedback kepada penjual ada sedikit perbedaan dibandingkan halaman pemberian feedback untuk pembeli. Seperti dapat dilihat pada gambar 10 di bawah ini. Pembeli perlu memilih terlebih dahulu apakah ingin memberi feedback positif atau netral.



    Gambar 10.

    Setelah memilih positif atau netral, maka akan muncul penilaian tambahan seperti pada gambar 11 di bawah:



    Gambar 11.

    Pembeli perlu mengisi komentar singkat yang mencerminkan prestasi penjual apakah memuaskan atau tidak. Kemudian pembeli perlu menilai 4 kategori yaitu seberapa puaskah pembeli dengan akurasi deskripsi item, komunikasi dengan penjual, waktu handling time dan kewajaran ongkos kirim dengan memilih jumlah bintang pada masing-masing kategori. Setelah itu pembeli mengklik tombol "Beri penilaian". Apabila feedback telah sukses diberikan, akan muncul informasi seperti ditunjukkan pada gambar 12 dibawah.



    Gambar 12.

    Jika tidak muncul informasi seperti pada gambar, maka pembeli mungkin melakukan kesalahan dalam hal tidak memasukkan komentar atau tidak menilai 1 atau lebih dari 4 kategori tambahan.

    Pedoman Dalam Memberikan Feedback

    Adanya feedback bertujuan untuk meningkatkan pelayanan seller dan menjaga kedisiplinan buyer dalam mengikuti ketentuan yang ada. Feedback yang diberikan buyer akan terakumulasi menjadi sebuah nilai yang dicerminkan dengan tingkat persentase (nilai tertinggi bagi seller adalah 100%). Akumulasi nilai tersebut didapat dari 4 kategori penilaian yaitu kategori akurasi deskripsi barang, komunikasi, ongkos kirim dan handling time.

    Untuk menjaga fairness dalam pemberian feedback maka sangat dianjurkan bagi buyer untuk berlaku fair dalam penilaian yang dicerminkan dengan jumlah bintang pada setiap kategori. Untuk menjaga fairness maka pihak seller tidak akan mengetahui jumlah bintang yang buyer berikan. Bila pihak seller sudah melakukan yang terbaik sesuai panduan di bawah ini maka buyer wajib memberikan nilai tertinggi (bintang 5) untuk keempat kategori penilaian. Guna mencapai hal tersebut maka diperlukan panduan kelayakan total bintang 5 sebagai nilai tertinggi untuk seller sebagai berikut:

    1. Akurasi deskripsi barang
      • Bila seller telah memberikan judul yang benar sesuai ketentuan maka salah satu faktor untuk penilaian feedback bintang 5
      • Bila seller telah mendiskripsikan barang secara rinci (detil) pada halaman diskripsi
      • Bila ternyata barang yang diterima telah sesuai dengan diskripsi yang diberikan
    2. Komunikasi
      • Bila pertanyaan yang diajukan ke seller diresponse dengan rata-rata waktu tidak lebih dari 24 jam
      • Bila seller proaktif melakukan komunikasi dengan buyer
      • Bila seller mengirim invoice sesuai dengan ketentuan
      • Bila seller menginformasikan barang telah terkirim disertai nomor resi pengiriman sesaat setelah dilakukan pengiriman
      • Bila seller melakukan tambahan informasi lainya
    3. Handling time, yang dimaksud dengan handling time adalah janji seller untuk mengirimkan barang yang telah tertera di setiap listing/lot sebagai handling time dan dihitung setelah dilakukan pembayaran atas invoice. Bila seller mampu mengirim barang sesuai dengan janjinya (atau mungkin dengan toleransi lebih 1 hari) maka seller berhak mendapatkan penilaian feedback untuk kategory ini dengan 5 bintang
    4. Shipping and handling charge. Bila seller mengenakan ongkos kirim yang wajar, maka seller berhak mendapatkan bintang lima untuk kategori shipping and handling charge dan juga dipertimbangkan tentang kerapian dan keamanan dalam pembungkusan item (packaging)
    Bila seller telah melakukan kewajibannya sesuai standard di atas dan buyer mempunyai pertimbangan lain maka buyer juga masih dapat (pantas) memberikan penilaian bintang lima untuk semua kategori penilaian.

Tentang kintamoney.com

Hubungi kami

Site map

FAQ

Hak Cipta dilindungi oleh Undang-Undang. Dengan menggunakan web ini berarti Anda telah menerima User Agreement dan Privacy Policy dari Kintamoney.com